Makanan Penurun Kolesterol Yang Terbukti Ampuh

Makanan Penurun Kolesterol Yang Terbukti Ampuh

Ruby Lang –¬†Orang dengan kolesterol tinggi berisiko mengalami komplikasi serius. Nah, salah satu cara menjaga kadar kolesterol normal adalah dengan mengatur pola makan. Makanan Penurun Kolesterol Apa yang Bisa Anda Makan? Lihat daftar lengkapnya di bawah ini.

Makanan Penurun Kolesterol

Kolesterol sebenarnya adalah jenis lemak yang dibutuhkan tubuh untuk melindungi sel dan membantu membuat vitamin D. Namun, kolesterol yang berlebihan dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Ini adalah salah satu faktor risiko berbagai penyakit berbahaya.

Selain obat penurun kolesterol, disarankan mengonsumsi Makanan non kolesterol berikut untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

1. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan kaya serat dan sering direkomendasikan untuk penderita kolesterol tinggi. Makanan ini mengandung serat larut, atau serat larut, yang dapat menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL), atau kolesterol jahat, dalam aliran darah Anda.

Dikutip dari Mayo Clinic, mengonsumsi 5 hingga 10 gram serat larut setiap hari dapat menurunkan kolesterol LDL. Nah, Anda bisa mendapatkan sekitar 6 gram serat dengan mengonsumsi satu setengah cangkir oatmeal.

Untuk menambah asupan serat harian Anda, Anda juga bisa menambahkan oatmeal dengan buah-buahan, seperti pisang atau beri.

2. Kacang

Beberapa jenis kacang-kacangan yang baik sebagai makanan penurun kolesterol adalah almond dan walnut. Kacang kaya akan serat dan lemak tak jenuh yang dibutuhkan tubuh. Selain baik untuk menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah, makanan ini juga dapat mengurangi risiko berbagai komplikasi terkait kolesterol, seperti serangan jantung.

Meski begitu, Anda tetap perlu berhati-hati dengan porsi kacang yang Anda makan. Pasalnya, kacang-kacangan cukup tinggi kalori. Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan sebagai saus salad atau sebagai camilan bagi penderita kolesterol tinggi dalam porsi yang cukup.

3. Sayuran hijau

Sayuran adalah salah satu makanan yang paling penting untuk menurunkan kolesterol. Mengkonsumsi makanan ini membantu mencegah penyakit jantung yang merupakan komplikasi dari kolesterol tinggi.

Memang, sayuran hijau seperti bayam, katuk, dan kangkung dipercaya dapat melindungi pembuluh darah dari plak akibat timbunan kolesterol. Disarankan untuk makan sayur setiap hari. Selain sebagai pendamping makanan penurun kolesterol setelah makan daging, Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus atau smoothies.

4. Buah

Ada banyak jenis buah penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi. Jenis makanan ini kaya akan serat sehingga dapat menurunkan kolesterol LDL dalam darah. Selain tinggi serat, ada juga buah-buahan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal seperti alpukat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal (2013) menemukan bahwa alpukat dapat mengontrol kadar kolesterol dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama setelah dikonsumsi.

Tentunya hal ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, terutama pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

5. Susu kedelai

Jika Anda suka minum susu, tidak ada salahnya mencoba susu kedelai. Jenis susu untuk penderita kolesterol ini cocok sebagai pengganti susu sapi yang tinggi lemak. Susu kedelai membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah. Selain kedelai, manfaat tersebut juga bisa didapatkan dari makanan olahan, seperti tahu dan tempe.

Menurut Harvard Health, mengkonsumsi 25 gram protein kedelai (10 ons tahu atau 2 cangkir susu kedelai) per hari dapat menurunkan kadar LDL sebesar 5-6%.

6. Teh hitam

Bersantai di sore hari tidak lengkap tanpa minum teh hangat. Tanpa Anda sadari, minum teh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition (2015) menemukan bahwa minum teh hitam mengurangi kolesterol LDL sebesar 4,64 mg/dL.

Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid yang merupakan senyawa antioksidan dalam teh hitam yang membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.